Bidikmisi Beasiswa Kuliah Bagi Siswa Tidak Mampu


Beasiswa BidikmisiSiswa-siswi yang berasal dari keluarga yang tidak mampu dan mempunyai keinginan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan, bisa menjadi kenyataan. Biaya kuliah, termasuk juga biaya hidup sehari-hari ditanggung oleh  pemerintah yaitu melalui program BIDIKMISI. Tentu saja ada syarat-syaratnya supaya bisa mendapatkan beasiswa, yang pasti syaratnya adalah "berprestasi", berprestasi dibidang akademik dan juga lebih bagus lagi jika ditunjang dengan prestasi non akademik.

Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mulai tahun  2010  kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.

Bidikmisi merupakan program 100 Hari Kerja Menteri Pendidikan Nasional yang  dicanangkan  pada  tahun  2010.  Perguruan  tinggi  yang  mendapat bantuan  Bidikmisi  yaitu  perguruan  tinggi  di  bawah  Kementerian  Pendidikan dan  Kebudayaan  dan  Kementerian  Agama.  Pada  tahun  2011  mahasiswa baru  penerima Bidikmisi  bertambah menjadi 30.000 di  117  perguruan  tinggi negeri dengan adanya tambahan anggaran dari APBN-Perubahan. Pada  tahun  2012  ini  Bidikmisi dilanjutkan  dikembangkan  menjadi  30.000  calon mahasiswa  penerima  yang  diselenggarakan  di  87  perguruan  tinggi  negeri dibawah  Kemdikbud dan program Bidikmisi yang dikelola oleh Kementerian Agama.

Program ini mempunyai misi untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat kurang mampu dan mempunyai potensi  akademik  memadai  untuk  dapat  menempuh  pendidikan  sampai ke jenjang pendidikan tinggi.

Bantuan yang diberikan dalam program ini terdiri atas Bantuan  biaya  hidup  yang  diserahkan  kepada  mahasiswa  sekurang-kurangnya  sebesar  Rp. 600.000,00  (enam  ratus  ribu  rupiah)  per  bulan  yang ditentukan berdasarkan Indeks Harga Kemahalan daerah lokasi PTN dan Bantuan  biaya  penyelenggaraan  pendidikan  yang  dikelola  PTN  sebanyak-banyaknya Rp. 2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) per semester per  mahasiswa.
Supaya lebih jelas pedoman dan prosedur, syarat-syarat apa saja dan bagaimana cara mendaftar Bidikmisi silahkan di download buku panduannya, atau bisa dilihat langsung di website-nya melalui link di bawah ini:

Klik disini untuk mengunduh Buku Pedoman Bidikmisi
Klik Disini untuk Persyaratan Pendaftaran Program Bidikmisi
Klik disini untuk Prosedur pendaftaran
Klik disini untuk Daftar Bidikmisi


Ayo Belajar yang Rajin, Tingkatkan Prestasi

**************************
Bidikmisi Beasiswa Kuliah Bagi Siswa Tidak Mampu -- Sumber: http://bidikmisi.dikti.go.id

Diposting oleh: MaYaSTA. Media Pembelajaran MaYaSTA, Updated at: 15.25

22 komentar:

emang bagus program ini,,,,,,,
tapi pa harus bener bener berprestasi,,,,,ya kalau dia sangat berkeinginan kuliah tapi kemampuanya terbatas,,,,
misal kayax anak2 yang ikut paket c kayak gtu,,,,,

mau tanya kalo daftar beasiswa bidik misi ini apa harus mempunyai sertifikat juara 1,2 maupun 3 ?!!

Siti:
Kamu kayaknya harus baca dulu dan pahami, latarbelakang kenapa ada bidikmisi hehe.... OK

intinya ..... tidak mungkin pemerintah membiayai anak yang tidak akan mampu menghadapi materi-materi mata kuliah. Lha wong materi SMA/SMK/MA saja sudah tidak mampu, apalagi materi perkuliahan hehe piss.

to Anonim:
sayang sekali tidak meninggalkan nama, cuma anonim ckckck

Bidikmisi tidak harus mempunyai sertifikat juara 1,2 maupun 3.

yang paling utama adalah keluarga tidak mampu, dan pinter anaknya. Karena memang ini yang diutamakan.

"anak Berprestasi dalam bidang akademik cenderung anak yang pinter alias anak yang rajin belajar" setuju tidak hehehe

apakah bidikmisi tidak diperuntukan bagi anak PNS golongan 1???

Bidikmisi diperuntukan bagi anak Indonesia, bukan cuma bagi anak PNS saja. Siapapun, yang penting memenuhi persyaratan.

aku tidak dapat prestasi di sekolah.
tapi aku ingin kuliah,tapi tdk punya biaya
apa aku bs ikut bidik misi ini??

gmana biar bisa ikut bidikmis, alhamdulillah saya masuk 4 besar terus dari kelas X

aku pengen ikut bidik misi , alhamdulillah nilaiku juga baeg.
terus apa yang harus aku berbuat , sedangkan biaya kuliah gg punya.

gak usah bingung... kamu hubungi guru BP/BK di sekolah kamu, atau bagian yang khusus mengurus tentang beasiswa. Karena tiap sekolahan sudah ada yang mengurusi bidikmisi.

permisi,saya cari info d internet
Pendaftaran Bidikmisi tahun 2013 rencananya akan diselenggarakan dengan jadwal sebagai berikut
1. Pendaftaran sekolah mulai 12 Desember 2012
2. Pendaftaran untuk siswa mulai 1 Januari 2013

ini maksudnya gmana?
terima kasih

Arum :
1. Sekolah yang akan mengelola siswa-siswanya untuk daftar mulai tanggal 2 Desember 2012 sampai 6 Maret 2013
2. Bagi siswa yang mau mendaftar perorangan tanpa melalui sekolah, tangggal 1 Januari 2013. Tapi tetap harus ada pengantar atau rekomendasi dari sekolah

asslamualaikum..
mf.. anak pns bsa ikt gk pak y... cz anak2 ny masih sekolah smw , 2 anky msih kuliah dan 2 ankny lg ad yg msh smp dn sd?//
mhn jwbny

Siapa saja bisa ikut. bisa daftar. yang jadi permasalahan adalah .... apakah disetujui/lolos atau tidaknya nah itu tergantung pihak bidikmisi. OK .. semangat

alhamdulillah dari kelas X saya selalu masuk peringkat 3 besar dan saya ingin ikut program bidikmisi, tapi saya tidak punya sertifikat juara lomba ataupun olimpiade. apakah saya masih ada peluang untuk lolos? dan apa kriteria seleksi dari bidikmisi?

Mudah² saja Anda bisa lolos. Untuk persyaratan coba kunjungi di websitenya langsung yaitu di http://bidikmisi.dikti.go.id/portal/?p=84

apakah anak yg sudah lulus sekolah lebih dari 3 tahunan bsa ikutan beasiswa jga..?

bisa kah anak yg sudah lulus lebih dari 3 tahunan ikut bidik misi jga..???

hmmmmmm............
setahuku, anak PNS tidak bisa ikut BM. (disana lolos jalur pertama, tp giliran wawancara langsung disuruh keluar pas tau anak pns) . Kalo mau nipu (bergaya pekerjaan ortu non pns y monggo, tp kalo ketahuan suatu ketika pekerjaan ortu akan dicabut/ pns.nya akan dicabut) katanya
Itu pengalaman saya dan teman teman dari unnes undip ugm uny uns pada tahun 2012 lalu.
tp y barang kali peraturannya berubah :)

setahuku anak PNS tidak bisa ikut BM.
Itu persyaratan BM tahun 2012, gak tau kalo sekarang
salam dari unnes

To Anonim (12 Januari 2014 21.02) dan Nur Afifah Nugraheni :
Ortunya yang jadi PNS golongan berapa dulu. Golongan PNS kan menentukan gajinya berapa? Kalo di bawah 3 juta gajinya nah itu dia ada kemungkinan bisa ikut.
Misalnya: Kan ada pesuruh yang PNS, kayaknya gajinya gak sampe segitu lho :D

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, dengan bahasa yang sewajarnya, tidak sesuai EYD juga tidak apa, ...... yang penting jelas dan mudah dipahami. Insya Allah secepatnya akan saya tanggapi.